Minggu, 25 Desember 2011

JAM DINDING ABAD 18, ANTIK, KLASIK, LANGKA

KODE BARANG : JD18 010201










Jam dinding ini untuk sementara diberi  julukan Jam Dinding Abad 18, karena dibuat sekitar 1780 – 1790an. Sampai saat ini saya belum menemukan nama jam dinding ini, mungkin kalau ada yang tahu untuk nama jam ini boleh memberikan informasi kepada saya. Dilihat dari bentuknya dan ciri-ciri yang lain jam ini diperkirakan buatan/style Jam Dutchland/Holland.
Jam Abad 18 ini bentuknya sederhana tanpa tutup kaca samping kiri dan kanan (seperti  pada jam yang lain), jadi masih terbuka kelihatan mesin jamnya. Mesin jam ini masih sederhana dengan gigi roda penggeraknya agak kasar, sehingga bunyi  detak jam ini cukup keras dan jelas.
Plat jam berbentuk lingkaran besar  diameter = 18,4 cm dan bagian luar seperti cincin dengan angka Romawi. Jam ini digerakkan secara mekanik oleh SATU buah bandul @ 775 gr/ 8 cm dan Pendulum jam berbentuk seperti gitar panjangnya = 60 cm,  diameter = 11 cm, yang menambah elegan penampilan jam ini.
Body dan mesin jam ini masih original, untuk body cover di atas plat jam pada bagian atasnya agak sedikit keriput karena termakan usia.
Jam ini berdentang SATU kali dalam satu jam dan bunyi dentangnya juga SATU kali dengan suara ting, ( Misal menunjukkan pukul 8, maka jam ini berdentang SATU kali ) inilah keunikan jam Abad 18 ini.
Dimensi : Tinggi = 46 cm, Lebar = 19,5 cm, Tebal = 15,5 cm.
Jam Abad 18 ini berfungsi dengan baik, cukup akurat dan saya pakai sehari-hari, yang merupakan favorit di rumah kami. Karena bagi Kolektor atau banyak orang yang melihat jam ini dibuatnya tertarik dan menawan hati.  Dan akhirnya Jam Abad 18 ini, saya jadikan Icon blog Ono Antik Gallery sebagai  rasa cinta dan cita rasa yang tinggi terhadap jam ini.
Banyak orang yang datang ke tempat saya, berminat untuk memiliki jam ini, tapi masih sayang ....... belum tega untuk melepasnya. 

KOLEKSI PRIBADI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...