Senin, 03 Desember 2012

FRIESE STOEL CHAIR KLOK BANDUL 2 - Antik, Very Rare

KODE BARANG : JDSCK020101









Jam Dinding Friese Stoel Chair Klok adalah salah satu jam buatan Belanda generasi tua sekitar tahun 1750 dengan julukan West Friesland Stoelklok . Jam ini banyak ditemui di daerah Propinsi Groningen, Holland bagian Selatan dan Holland bagian Utara. Ciri khas jam Friese Stoel Klok ini body utama terbuat dari kayu papan  yang di kiri-kanannya dibuat ornamen dan dihiasi dengan lukisan tangan (hand painted). Sekitar  bagian plat jamnya terdapat ornamen yang artistik terbuat dari logam cor yang dilukis juga. Plat jam ini dari plat besi yang dilukis tangan yang menggambarkan pemandangan alam dan perahu yang sedang berlayar (ciri khas/pakemnya jam-jam buatan Dutchland) dan sudut bawahnya terdapat lukisan bunga, begitu pula di bagian tengah lingkaran (pusat) terdapat lukisan tangan.
Pada mulanya jam Friese Stoel Klok ini tidak diberi penutup atas (mahkota) tetapi dengan perkembangan jaman dan kreativitas pembuatnya diberi penutup / mahkota atas untuk menambah keindahan jam ini.  Pada saat itu Jam Friese Stoel Klok merupakan jam terkenal  dan mempunyai kelas tersendiri bagi Pemiliknya. 
Kalau dilihat secara keseluruhan, body utama jam ini (yang ada mesinnya) duduk pada kursi, maka jam ini dinamakan Friese Stoel Chair Klok. Ornamen di atas plat jam berupa sepasang singa yang memeluk mahkota kerajaan yang merupakan simbol dari Kerajaan Negeri  Belanda.
Jam Friese Stoel Chair Klok ini digerakkan secara mekanis oleh 2 buah bandul  @ 975 gr/ 11 cm dan pendulum = 25 gr/ 33,5 cm. Jam ini dikerek tiap hari (± 24 jam) sekali.  Jam ini berdentang tiap setengah jam sekali dan posisi jarum panjang tepat di angka 12 akan berdentang sesuai dengan penunjuk jam pada saat itu (misal : Posisi pk. 08.00, maka akan berdentang 8 kali) dengan suara ting.
Kondisi Jam Friese Stoel Chair Klok ini; mesin dan body masih bagus, berfungsi dengan baik dan cukup akurat, antik, menarik, langka, bersih/tidak dekil. Barang Antik TIDAK harus/ selalu kelihatan dekil.
Jam Dinding Friese Stoel Chair Klok ini cocok ditempatkan di R. Tamu, R. Keluarga, R. Makan atau R. Tunggu Rumah Anda, sehingga dapat menambah kesan yang berbeda dan tersendiri bagi Pemiliknya.
Dimensi : Tinggi =  48 cm;   Lebar = 24,5 cm;  Tebal = 14 cm.

Untuk pemesanan barang JANGAN  LUPA mencantumkan KODE BARANG, terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...