Minggu, 11 Oktober 2020

JAM DINDING RA ALARM, ANTIK UNIK LANGKA DAN ISTIMEWA

 KODE BARANG : JDRA0202

( SOLD / TERJUAL )



Jam dinding RA ALARM ini mempunyai bentuk elegan dan indah dengan mahkota Seekor kuda yang mengangkat kakinya dan pion-pion yang terbuat dari kayu (BUKAN gypsum/acrylic) dan profil yang indah pada daun pintu dan bagian bawah jam RA ini, yang merupakan ciri khas  Jam RA. Jam RA ini sungguh istimewa dan unik serta langka, karena menggunakan alarm/beker  yang dapat disetel seperti alarm jam beker.  Jam RA Alarm ini diperkirakan dibuat tahun 1900 – 1910, termasuk jam tua, unik dan langka.

Mengapa dinamai jam RA ? Jam RA ini sebenarnya jam dinding type Regulator dan pada bandul pendulum (bandul yang bergoyang kiri-kanan) ada tulisan RA, maka untuk memudahkannya orang menyebutnya dengan nama JAM RA. RA sendiri adalah singkatan huruf R =RETARD ; artinya mem- perlambat dan A = ADVANCE;  artinya mempercepat. Jam RA ini sudah barang tentu merupakan jam tua jika dibanding dengan jam jam melodi, banyak orang beranggapan bahwa jam RA yang masih berteknologi yang masih sangat "sederhana" tapi canggih dizamannya dan mungkin juga karena jam RA ini adalah sebagai pelopor jam-jam generasi berikutnya.

Plat jam RA ini terbuat dari bahan poselen berwarna putih dengan diameter = 13 cm, tulisan angka jam angka Romawi, di tengahnya terdapat gigi untuk penunjuk  alarm  dengan angka 1, 2, 3, …. , 12 (lihat gambar). Bentuk jarum panjang dan pendek jam RA ini lurus dan sederhana. Ukuran daun pintu jam RA ini; tinggi = 34 cm, lebar = 24 cm, ukuran Jam RA Alarm ini termasuk kecil.

Jam ini digerakkan secara mekanik dengan memutar peer dan pendulum/ bandul = 75 gr/ 18,4 cm diameter = 7,5 cm dengan  motif ukir yang artistik terbuat dari bahan kuningan.

Bel Jam RA ini berdentang tiap setengah jam sekali dengan suara teeng cukup keras dengan menggunakan bel  di atas dengan diameter = 12 cm (termasuk istimewa karena belnya di atas dan besar seperti bel delman, biasanya berupa kawat spiral seperti obat nyamuk). Pada saat  jarum panjang menunjuk angka 12 berbunyi sesuai dengan penunjuk jam saat itu (misal: pk. 08.00, maka akan berdentang 8x). Untuk bel alarm terpisah, terdapat di bawah body mesin dan mempunyai  tuas putar untuk peer alarm di bagian bawah body mesin dengan posisi putar ke arah KIRI dengan kunci putar yang sama dengan untuk putaran bel jam dan penggerak jam (satu kunci dan bentuk kuncinya istimewa juga). Untuk putaran alarm disesuaikan kebutuhan dengan periode 12 jam sekali.

Kondisi jam RA Alarm ini; mesin original dan body ada sedikit repair pada bagian mahkota dudukan kuda karena pengaruh keadaan cuaca dan usianya yang sudah tua (tetapi sudah dikembalikan lagi seperti aslinya),berfungsi dengan baik baik, mulus, berfungsi dengan baik, akurat, bersih dan TIDAK dekil. Kondisi barang antik TIDAK harus tampak kusam/dekil atau dibuat kusam supaya kelihatan antik/tua.  Jam RA ini diputar penuh 8 hari sekali.

Jam Dinding RA ini cocok ditempatkan di R. Tamu, R. Keluarga, R. Tunggu Rumah Anda, sehingga dapat menambah kesan unik dan cita rasa yang tinggi dan kebanggaan tersendiri bagi Pemiliknya. Pada jaman dulu Jam RA ini adalah symbol status golongan ningrat, pejabat pemerintahan atau orang kaya.

Dimensi :  Tinggi = 79 cm;   Lebar = 27 cm;  Tebal = 17 cm

Temukan jam-jam Antik, Klasik, Unik dan Berkualitas hanya di Onoantikgalllery.








            CARA MENYETEL BEL ALARM JAM RA :

 

1.       Putar dulu per bel dengan anak kunci dengan arah BERLAWANAN ARAH JARUM JAM    ( KE KIRI),  lihat tanda SPIDOL (tidak perlu sampai penuh),

2.       Jarum PANJANG diputar sesuai dengan posisi alarm yang ditunjukkan oleh JARUM PENDEK yang menunjuk pada angka 1, 2, …., 12 yang terletak di tengah (penunjuk alarm mengikuti JARUM PENDEK),

3.       Tunggu sampai bunyi bel alarm (bel bagian bawah mesin) sampai berdering,

4.       Geser posisi JARUM PENDEK ke angka yang dituju searah jarum jam (misalnya : tadinya jarum pendek menunjuk pada 3 (pada piringan kuningan DITENGAH), mau diubah bunyi alarmnya ke pk. 05.00, maka JARUM PENDEK digeser kea rah angka 5 pada piringan kuningan di tengah), lalu bel alarm berbunyi,

5.       Supaya  tidak berisik, JARUM PANJANG diputar 1 putaran penuh (1 jam), supaya bel alarm berhenti,

6.       PUTAR BEL ALARM KE KIRI lagi (ingat BERLAWAAN ARAH dengan arah jam), ± 12 kali ½ putaran

CATATAN :

TIDAK perlu memutar peer alarm sampai PENUH, takut patah/potong, karena sudah tua.



 







 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...