Kamis, 20 Oktober 2011

JAM DINDING SECOND - ANTIQUE, CLASSIC, VERY RARE

KODE BARANG : JDS020801








Jam Dinding SECOND karena jam ini terdapat penunjuk putaran detik/second (sementara nama/julukan untuk jam ini, karena belum ketemu nama yang pas untuk jam ini). Jam Second ini bermahkotakan 3 buah pion yang terbuat dari kayu, yang menambah penampilan jam ini tambah elegan. Plat jam Second ini terbuat dari kuningan dengan diameter = 15,5 cm dan ke empat sudut-sudutnya terdapat ornamen kuningan dan diberi daun pintu dengan kaca yang masih original, yang menambah cantik penampilan jam ini.
Jam Second ini digerakkan secara mekanik oleh 2 buah bandul @ 2200 gr/ 20 cm dan pendulum yang cantik dengan diameter = 6,2 cm dengan desain yang menarik. Jam ini dikerek tiap 8 hari sekali.
Body jam Second ini difinishing dengan politur warna hitam doff yang masih asli (ada sedikit yang terkelupas (gb.4). Dibagian samping kanan dan kiri body jam ini terdapat jendela mati dari kaca yang berfungsi untuk melihat mesin dan posisi rantai apakah sudah pada gigi roda dengan baik dan benar. 
Jam Second ini buatan Holland, diperkirakan dibuat pada tahun 1900 - 1910, bentuknya klasik, very rare, yang merupakan jam kesayangan saya dan menjadi icon blog Ono Antik Gallery.
Jam Second ini berdentang tiap setengah jam sekali dengan suara tiing; untuk bunyi tengahan jam bunyi ting satu kali dan berbunyi ting sesuai dengan penunjuk jam tepat di angka 12. Suara detak jam ini terdengar jelas diikuti dengan berputarnya jarum second di lingkaran kecil di bagian atas (lihat gb.3).
Dimensi : Tinggi = 60 cm, Lebar = 26,5 cm, Tebal = 17 cm.
Saya mendapatkan jam Second ini dari Seorang Kolektor Jam yang dulunya mempunyai banyak jam klasik, langka, berkualitas dan mempunyai cita rasa yang tinggi terhadap jam. Pada saat ketemu jam Second ini dalam keadaan dekil dan kurang terawat dengan baik, tapi saya langsung jatuh hati dan dalam hati saya berkata inilah jam yang saya cari, sungguh antik, klasik dan unik serta mempunyai cita rasa yang tinggi. Akhirnya Sang Pemilik Jam Second ini melepasnya dengan tulus setelah menerima penjelasan maksud dan tujuan saya untuk memilikinya. Terima kasih, terima kasih. 
Setelah itu jam ini saya pelajari dan dipoles dikembalikan seperti aslinya serta diservice sehingga jam Second ini berfungsi dengan baik dan akurat, sungguh luar biaaasa.

KOLEKSI  PRIBADI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar