Kamis, 06 Maret 2014

JAM KIKUK BANDUL 3 - PRAPATAN, ANTIK, KLASIK, UNIK, ISTIMEWA, dan SANGAT LANGKA

KODE BARANG : JKP030101
































Jam kikuk ini adalah jenis Jam Kikuk tua/antik, berukuran besar/jumbo (tinggi dan lebar) mempunyai 3 bandul besar dan uniknya bisa bunyi tiap  seperempat jam sekali makanya disebut JAM KIKUK PRAPATAN. Burungnya ada dua ekor, termasuk jam kikuk sangat-sangat istimewa, langka sekali dan yang punya hanya kolektor tertentu saja. Dan sangat dicari-cari oleh para Kolektor jam (khususnya Kolektor Jam Kikuk). Karena di negeri asalnya Germany SUDAH TIDAK diproduksi lagi untuk jam kikuk jenis/type seperti ini.
Jam Kikuk Bandul 3 – Prapatan ini diperkirakan dibuat pada tahun 1900 – 1910-an.
Jam Kikuk Prapatan ini mempunyai mahkota yang sangat indah, menawan, dengan bentuk ukiran yang halus dan merupakan ciri khas bentuk ukiran pada zaman itu. Motif ukiran mahkota berupa Burung Rajawali yang sedang mengepakkan sayapnya dan menangkap mangsanya, daun dan buah anggur. Di bagian tengah kiri dan kanan terdapat burung rajawali yang bertengger di ranting pohon. Di bagian bawah terdapat motif ukiran daun anggur. Semua motif ukiran ini dikerjakan oleh ahlinya pada kayu pinus dengan detil yang halus dan menarik untuk dilihatnya (sungguh luar biasa !!!), merupakan karya seni yang mempunyai cita rasa tinggi, dan membuat orang terpesona pada saat melihatnya.
Kami pernah mengoleksi jam kikuk seperti ini dengan tahun pembuatan 1910-1920-an, bandul 2 – harian dengan ukuran lebih kecil sedikit dengan motif ukiran yang mirip dengan jam kikuk bandul 3 – Prapatan ini (gambarnya bisa dilihat di blog: onoantikgallery pada  Label: Cuckoo Clock, edisi 12 April 2012 dengan judul: Cuckoo Clock Bandul 2 – Burung Rajawali, Jumbo, Istimewa).
Keunikan Jam Kikuk ini antara lain :
11)      Mempunyai sangkar burung 2 pintu; sebelah KIRI untuk burung yang bersuara teng kuk – kuk-kuk   
        (temponya pendek dan cepat) tiap seperempat jam sekali, sebelah KANAN untuk burung yang 
        bersuara   teng, kik – kuu…….uk (temponya panjang dan lambat).
22)      Bandul 3 buah besar dengan motif buah pinus. Mengapa dikatakan unik ? Karena Jam Kikuk yang sering 
        kita temui/lihat mempunyai bandul ke-3 biasanya, berfungsi untuk menggerakkan boneka yang berputar/ 
        bergerak di atas/bawah plat jam dan suara melodi/musik box. Tetapi pada Jam Kikuk Bandul 3 – 
        Prapatan ini, salah satu bandul berfungsi untuk menggerakkan burung sebelah KIRI dan suara bel teng kik 
        – kuk-kuk untuk periode 1/ 4 jam. Makanya jam kikuk ini dinamakan Jam Kikuk PRAPATAN.
Kalau jam kikuk yang sering kita jumpai (yang ada bonekanya) TIDAK BUNYI untuk periode 1/4 jam (prapatan), tetapi untuk periode TENGAHAN, dengan bunyi teng kik – kuk lalu diikuti bunyi melodi/ musik box dan diikuti berputarnya boneka penari di atas/ bawah plat jam.
Perlu diketahui juga ada jenis Jam Kikuk Prapatan bandul 1. Untuk jenis/type Jam kikuk ini mempunyai ukuran kecil/mini, bandul 1 dan bunyi belnya tiap 1/ 4 jam sekali, tetapi pada saat periode 1 jam (jarum menit tepat diangka 12) bel Gongnya TIDAK bersuara sesuai dengan penunjuk waktu saat itu (misal: pukul 6, yang seharusnya belnya bersuara 6 x), tetapi hanya bersuara 1X saja.
Keistimewaan Jam Kikuk Bandul 3 – Prapatan ini antara lain:
a)      Kotak suara/hard tong/siphon ada 3 buah. Beda dengan jam kikuk pada umumnya hanya mempunyai 2 buah kotak suara,
b)      Casing/box jam kikuk ini terbuat dari kayu pinus (eiken) solid, bukan kayu lapis, dan full original, tidak ada yang keropok,
c)      Motif ukiran pendulum/bandul yang bergoyang, berupa ukiran anak burung yang lucu, detil dan menarik.
d)      Mesinnya seperti huruf W, besar dan kompleks (lebih rumit).

PLAT JAM KIKUK – PRAPATAN ini, lebar dengan diameter = 15 cm, bahan dari kayu dengan tulisan angka ROMAWI ukuran besar, dilengkapi dengan jarum jam (panjang dan pendek) yang mempunyai warna kontras dengan latar belakang plat jam (hitam), sehingga mudah dilihat, jelas dan menarik.

JAM KIKUK BANDUL 3 – PRAPATAN ini digerakkan secara MEKANIK (tanpa batere) oleh 3 buah bandul ukuran besar @ 1200 gr/17,2 cm (LEFT/KIRI), 1250 gr/17,2 cm (MIDDLE/ TENGAH), 1300 gr/17,2 cm (RIGHT/KANAN) dengan diameter bandul = 4,2 cm. Motif bandul buah pinus, bahan dari besi cor, dengan detil yang jelas/rapi dan menarik. Dan 1 buah pendulum (bandul yang bergoyang) dengan motif ukiran anak burung dan bunga terbuat dari kayu, berat = 25 gr/19,5 cm.
Kondisi body/casing/box, mesin, bandul dari jam kikuk ini masih original, masih utuh dan istimewa sekali. Untuk secara keseluruhan Jam Kikuk Bandul 3 – Prapatan ini, antik, klasik, unik, menarik dan sangat istimewa (patut diacungi 2 jempol) !!
Jam Kikuk Bandul 3 – Prapatan ini dikerek harian (± 24 jam) sekali kerek bandul ke atas/ penuh. Untuk lebih tepatnya Jam Kikuk Bandul 3 – Harian – Prapatan. Jadi jam Kikuk ini cocok bagi orang yang sudah cukup umur, tidak terlalu sibuk dan atau mengingatkan kita akan pentingnya dan disiplin akan waktu, sehingga waktu kita berada di rumah selalu diingatkan untuk memberi makan burung dengan cara mengerek bandul jam ke atas lagi, …….. menarik bukan ??? Perlu diketahui untuk Jam Kikuk yang lama/antik umumnya dikerek harian.
Bunyi/suara bel JAM KIKUK PRAPATAN ini ada 2 type :
11.   Suara BEL KIKUK PRAPATAN (pada saat jarum menit menunjuk pada angaka 3, 6, 9, dan 12). Diawali dengan terbukanya daun pintu sebelah KIRI ;

  •   Pada saat jarum menit menunjuk angka 3 bunyi bel: teng, kuk – kuk-kuk (tempo cepat 1X),
  •   Pada saat jarum menit menunjuk angka 6 bunyi bel: teng, kuk – kuk-kuk (tempo cepat 2X),
  •   Pada saat jarum menit menunjuk angka 9 bunyi bel: teng, kuk – kuk-kuk (tempo cepat 3X),
  •   Pada saat jarum menit menunjuk angka 12 bunyi bel: teng, kuk – kuk-kuk (tempo cepat 4X),
Setelah selesai daun pintu sebelah KIRI menutup kembali secara otomatis.

22.   Suara BEL GONG kikuk pada sangkar sebelah KANAN. Bunyi bel GONG ini bersuara bila pada saat jarum menit menunjuk angka 12 SAJA, diawali dengan terbukanya daun pintu sebelah KANAN, terlihat burung kecil bertengger dengan suara teng, kik – kuuu….uuk (tempo panjang/lama) dengan suara yang cukup keras, sesuai dengan penunjuk waktu saat itu. (Misal: pk. 08.00, gong kikuk, teng kik – kuuu…uuk sebanyak 8X). Setelah selesai pintu sangkar tertutup kembali secara otomatis.
33.  Suara Bel teng ini dihasilkan dari suara senar kawat baja berbentuk spiral/obat nyamuk bakar yang berada di belakang tutup mesin. Suara bel teng ini merupakan ciri khas dari jam kikuk bergerak secara mekanik (tanpa batere). Kalau yang pakai batere/quartz TIDAK ada suara tengnya.

Inilah keunikan dan keistimewaan dari Jam Kikuk Bandul 3 – Harian – Prapatan.
Setelah dibersihkan dan dipoles, diservice  serta dikalibrasikan lagi mesinnya, maka dapat berfungsi dengan baik, akurat, bersih dan TIDAK dekil. Kondisi barang antik TIDAK harus tampak kusam/dekil. Sehingga kehadiran JAM KIKUK BANDUL 3 – PRAPATAN ini menambah suasana tersendiri di rumah.


Untuk pemesanan barang JANGAN  LUPA mencantumkan KODE BARANG, terima kasih.
Temukan jam-jam antik, menarik, unik dan berkualitas hanya di onoantikgallery

KOLEKSI  PRIBADI

 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...